Waspada Bencana Alam, BMKG Infokan Wilayah Rentan Tsunami

Waspada Bencana Alam, BMKG Infokan Wilayah Rentan Tsunami

June 25, 2024 0 By majalahbet

Majalahbet, Jakarta – Tsunami merupakan bencana alam yang paling di takuti dunia. Tsunami sendiri dapat terjadi akibat adanya gempa bumi. Atau bergesernya lempengan bumi didasar laut dan meletusnya gunung berapi. Ombak raksasa sendiri lebih sering terjadi di daerah pesisir. Dan wilayah di Bumi mana saja yang dapat berdampak.

Menurut laporan BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengatakan wilayah Bumi yang paling rentan bencana tsunami. Adalah Samudra Pasifik, karena wilayah tersebut berdampak paling besar terjadinya Tsunami dibandingkan samudra-samudra yang lain.

“Samudra Pasifik sendiri merupakan wilayah paling rentan terjadi tsunami dengan persentase kejadian setinggi 78 persen dari seluruh tsunami yang pernah tercatat,” jelas BMKG di Instagram-nya, pada Kamis (20/06).

 

Angka tersebut merupakan yang tertinggi dibanding dengan samudra lain yang ada di bumi.
Samudra Atlantik dan Laut Karibia hanya sembilan persen, Laut Mediterania (6 persen) dan Samudra Hindia sebanyak lima persen.

Tsunami adalah serangkaian gelombang ombak besar yang disebabkan oleh gangguan di bawah permukaan laut. Ombak raksasa memang paling sering dipicu oleh bencana gempa bumi.

Tidak ada yang bisa memprediksi kapan gempa bumi dan ombak raksasa dapat terjadi.

Tsunami sangat berbahaya karena tidak hanya berupa dinding air, namun juga membawa puing-puing bangunan dalam jumlah yang besar.

Toko Game Online Terpecaya

Samudara Pasifik Merupakan Zona Cincin Api

Perubahan permukaan air laut yang cepat, seperti air yang tiba-tiba surut, dapat menjadi salah satu pertanda datangnya gelombang ombak raksasa itu.

BMKG menjelaskan hal itu terjadi karena sebagian besar pesisir Samudra Pasifik merupakan zona subduksi yang melepaskan energi seismik bumi.

Kemudian, mengacu pada tsunami travel time Samudra Pasifik dari 1923-1975 oleh NOAA. Mencatat seluruh wilayah yang terdampak ombak raksasa terjadi di sepanjang pesisir Samudra Pasifik.

Kejadian itu tak lepas dari pesisir Samudra Pasifik yang merupakan kawasan cincin api atau ring of fire dengan tingginya tingkat konsentrasi di sekitar Samudra Pasifik.

 

Hasil survei geologi Amerika Serikat bahkan mencatat sebanyak 90 persen dari seluruh gempa bumi dan 81 persen gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang wilayah ring of fire.

“Gempa tersebut disebabkan oleh pertempuran lempeng Pasifik dengan lempeng di sekitarnya,” ungkapnya.

Baca Juga : Pohon Berjalan Walking Tree di Selandia Baru Viral

 

Tips Dan Trick Cara Cuan Dengan Cepat Dengan Menggunakan E-Wallet DANA