Negara Gengster Meksiko Disorot, Usai 25 Calon Walikota Dibunuh

Negara Gengster Meksiko Disorot, Usai 25 Calon Walikota Dibunuh

June 2, 2024 0 By majalahbet

Majalahbet, Jakarta – Negara gengster Meksiko kembali menjadi perhatian dunia. Setelah seorang calon wali kota dibunuh di tengah pusat Kota pada hari Jumat (31/5) waktu setempat.

Pembunuhan ini terjadi kurang dari 48 jam sebelum digelarnya pemilihan umum (pemilu). Yang telah diwarnai dengan pembunuhan sedikitnya 25 calon wali kota di Negara tersebut.

Dilaporkan AFP, pada hari Sabtu (01/06), pernyataan dari kantor kejaksaan negara bagian Puebla mengonfirmasi. Kematian Jorge Huerta Cabrera pada Jumat sore waktu setempat. Di kota Izucar de Matamoros tempat dia menjadi kandidat wali kota. Kantor kejaksaan mengatakan sedang menyelidiki terkait kasus pembunuhan ini.

 

Otoritas setempat mengatakan bahwa istri Huerta Cabrera dan salah satu rekannya terluka dalam serangan brutal tersebut. Korban adalah kandidat dari Partai Hijau, sekutu partai Morena yang berkuasa.

“Hidupnya diambil dengan cara yang tidak adil dan penuh kekerasan,” ungkap kandidat lokal lainnya, Eliseo “El Chino” Morales, dalam sebuah pernyataan yang diposting di media sosial.

Pemilu Meksiko akan digelar pada hari Minggu (2/6), untuk memilih presiden baru, legislator federal, gubernur negara bagian, dan ribuan pejabat lokal. Kampanye pemilu telah diwarnai gelombang serangan terhadap para kandidat yang meningkat dalam sepekan terakhir.

 

Pemerintah federal bahkan telah melaporkan 22 kandidat tewas pada hari Selasa lalu.
Sejak itu, tercatat tiga kematian lagi. Beberapa organisasi non-pemerintah telah melaporkan jumlah korban yang lebih tinggi, termasuk Data Civica, yang menghitung sekitar 30 pembunuhan terhadap kandidat sejak kampanye dimulai pada akhir September tahun lalu.

Masa kampanye telah ditutup pada hari Rabu lalu. Sekitar 100 juta warga Meksiko, dari populasi 129 juta jiwa, berhak memberikan suara dalam pemilu mendatang.

Negara gengster meksiko masih terus berupaya mengatasi kekerasan kartel narkoba yang membuat pembunuhan dan penculikan menjadi kejadian sehari-hari di Meksiko, akan menjadi salah satu tantangan besar yang dihadapi presiden berikutnya.

Baca Juga : Viral Warung Harry Potter, Ternyata Ada di Dunia Nyata