Tornado Petir Hantam Amerika Serikat, 21 Orang Dilaporkan Tewas

Tornado Petir Hantam Amerika Serikat, 21 Orang Dilaporkan Tewas

May 28, 2024 0 By majalahbet

Majalahbet, Jakarta – Tornado Petir menghantam Southern Plains dan Ozarks di Amerika Serikat (AS). Dan sedikitnya 21 orang tewas pada Senin (27/5) pagi waktu setempat. Dan dileporkan telah menghancurkan ratusan bangunan.

Seperti yang diberitakan sejumlah peramal cuaca di negara tersebut. Telah memperingatkan akan adanya cuaca yang lebih buruk pada hari-hari mendatang.

Menurut penghitungan oleh otoritas darurat negara bagian. Jumlah korban tewas selama akhir pekan lalu di AS akibat badai petir dan tornado. Mencakup setidaknya delapan kematian di Arkansas, tujuh orang di Texas, empat di Kentucky dan dua orang di Oklahoma.

 

Gubernur Kentucky Andy Beshear pun mengumumkan keadaan darurat pada Senin pagi di Layanan Cuaca Nasional.
Dia mengatakan peringatan badai petir parah dikeluarkan untuk sebagian wilayah Georgia dan Carolina Selatan hingga setidaknya Senin sore.

Hal Ini adalah malam yang berat bagi rakyat kami,” ungkap Gubernur Kentucky Andy Beshear.

Melalui platform media sosial X pada hari Senin (27/05). Dia kemudian mengatakan dalam konferensi pers bahwa “badai dahsyat” telah melanda hampir seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Para pejabat mengatakan bahwa terdapat 100 jalan raya dari negara bagian di Negeri Paman Sam rusak akibat badai tersebut.

 

Dua Anak Juga Dilaporkan Tewas

Gubernur Texas Greg Abbott pada konferensi pers hari Minggu menyebut. Setidaknya tujuh orang meninggal, termasuk dua anak berusia 2 dan 5 tahun dari satu keluarga. Dan hampir 100 orang terluka pada Sabtu (25/5) malam waktu lokal. Ketika tornado petir menghantam komunitas di Texas utara dekat perbatasan Oklahoma.

Sementara itu, Gubernur Arkansas Sarah Huckabee Sanders pada Minggu (26/5) malam waktu lokal.

Menyampaikan setidaknya delapan orang tewas di negara bagian tersebut setelah badai.

Seorang warga di Arkansas yang menderita penyakit paru obstruktif kronik meninggal karena kekurangan oksigen saat listrik padam.

 

Menurut situs pelacakan PowerOutage, ratusan ribu warga Amerika Serikat menghadapi pemadaman listrik pada hari Senin (27/5) karena cuaca buruk. Dan Kentucky sendiri mengalami lebih dari 180.000 pemadaman listrik.

Andy Beshear menyebut bahwa di beberapa daerah yang terdampak badai dahsyat, pemulihan listrik bisa memakan waktu berhari-hari.

Layanan Cuaca Nasional memperingatkan akan adanya badai tambahan yang bergerak melalui lembah Ohio dan Tennessee. Membawa angin yang merusak, hujan es besar, dan lebih banyak tornado, serta hujan lebat yang dapat memicu banjir bandang.

Baca Juga : Polisi Tegaskan Tidak Ada Salah Tangkap, Pegi Perong Pelakunya