Pria di Duga Pelaku Hacker Ternyata Hanya Jual Akun Telegram

Pria di Duga Pelaku Hacker Ternyata Hanya Jual Akun Telegram

September 18, 2022 0 By Majalahbet

Pria di Duga Pelaku Hacker Ternyata Hanya Jual Akun Telegram

Pria asal Madiun, Muhammad Agung Hidayatullah (21) alias MAH mengaku menjual channel Telegram ke Bjorka yang bernama @Bjorkanism, MAH mengaku salah atas perbuatan yang dilakukannya dua pekan lalu itu
“Ya saya memang salah.

Kesalahan saya ngasih itu, ngasih sarana Bjorka nge-post, Channnel saya dibeli oleh Bjorka,” kata MAH pada Sabtu (17/9). Saat ini MAH telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan peretasan oleh hacker Bjorka.

Ia dijerat Undang-undang Informasi Transaksi Eletronik (ITE), hanya saja polisi belum menetapkan pasal dari perbuatan MAH.

 

Kendati demikian, Mabes Polri kini belum menahan MAH lantaran ia dinilai kooperatif menghadapi proses hukum, MAH hanya dikenakan wajib lapor oleh kepolisian.

Tadi ada bilang penahanan nggak? Belum kan, Nah iya berarti sedang diproses dan tidak dilakukan penahanan,” ujar Juru Bicara Humas Polri Kombes Ade Yaya Suryana dalam konferensi pers, pada Jumat (16/9).

 

Ade memastikan tersangka MAH bukanlah sosok di balik hacker anonim Bjorka.

MAH diduga hanya membantu Bjorka dalam membuat channel di Telegram.

MAH sebelumnya sempat ditangkap tim siber Mabes Polri karena diduga sebagai sosok di balik hacker anonim Bjorka pada Kamis (15/9), Ia kemudian diperiksa di Mapolsek Dagangan terkait dugaan itu.

 

Mabes Polri kemudian mengembalikan MAH kepada keluarganya di Desa Banjaransari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun sekitar pukul 09.30 WIB pada Jumat (16/9).

Terkait ia yang disebut menghilang pada Jumat (16/9) sekitar pukul 13.00 WIB, lalu kembali pulang sekitar pukul 18.00 WIB. MAH bilang saat itu ia hanya pergi ke Polsek Dagangan untuk mengambil ponsel pemberian polisi.

Ponsel itu dikatakan bukan ponsel lama yang diamankan polisi, namun ponsel baru.

 

Channel pemuda asal Madiun itu kemudian dibeli oleh hacker Bjorka langsung sebesar $100.

 

Hal itu yang kemudian diduga jadi dasar polisi menetapkannya sebagai tersangka.
MAH mengatakan, kejadian itu bermula dia merasa kagum kepada Bjorka atas aksi peretasannya.
Ia lalu membuat channel Telegram Bjorkanism, yang isinya membagikan ulang postingan asli Bjorka.

“Saya lihat, wah, Bjorka ini bagus sih, ngefans lah, Penasaran terus lama-lama ngefans, soalnya yang dibocorin itu kan data-data pemerintah Indonesia,” kata MAH di rumahnya, di Madiun, Jawa Timur, pada Sabtu (17/9).

 

Melalui channel yang dibuatnya, MAH lalu mengunggah ulang beberapa postingan asli Bjorka. Banyak orang kemudian menyukai channel itu.
Saya coba posting yang ‘stop being idiot’, langsung banyak yang suka. Besoknya lagi bocorin surat presiden itu, Dia pasti ngasih tau di grup private itu sebelum ke publik,” ucapnya.
Ia tak menyangka channel buatannya itu disukai ribuan orang, Hingga pada akhirnya Bjorka sendirilah yang tertarik untuk membelinya.

 

Pake telegram, dia kasih pengumuman di grup privasi dia, ‘yang pegang channel ini [channel buatan MAH] DM saya, saya kasih $100’. Langsung saya DM,” ucapnya menirukan pesan Bjorka.

Saat berkomunikasi dengan Bjorka, seluruh percakapan dilakukan dengan Bahasa Inggris, Transaksinya pun menggunakan BitCoin.
Setelah itu saya jual, cuma saya masih di situ, karena belum sempat transfer kepemilikan grup. Dibeli 100 dolar sekitar Rp1,5 juta, bentuk BitCoin,” katanya.

 

Hanya beberapa hari setelah itu, ia pun ditangkap oleh pihak kepolisian. Ia juga dibawa ke Mabes Polri di Jakarta.
Namun setelah dua hari MAH dilepaskan, dengan status tersangka melekat padanya.
Kini MAH pun mengakui kesalahannya dan menyampaikan permohonan maaf kepada pemerintah dan polisi, karena telah membuat channel Bjorkanism dan menjualnya.

 

“Saya mengaku salah dan mohon maaf kepada pemerintah dan polisi,” katanya.
Meski sudah dipulangkan, ia mengaku masih ada orang-orang yang mengawasinya.
Ia juga dikenai wajib lapor sebanyak dua kali dalam sepekan.
“Saya hanya kenai wajib lapor dua kali seminggu di Polres Madiun,” ujar MAH.

Baca Juga : Kejam, Anak 12 Tahun di Cabuli Berkali-Kali Sampai Terinfeksi HIV

 

Bagi kalian yang bingung mencari situs dengan Persentase menang tinggi. Kami rekomendasikan situs slot terpercaya yang memberikan bonus Welcome 100% dengan segala deposit tanpa ada potongan.

daftar sini

 

zvr
Bagaimana Reaksimu ?