Gunung Semeru Meletus, Jepang Waspada Tsunami Dapat Terjadi

Gunung Semeru Meletus, Jepang Waspada Tsunami Dapat Terjadi

December 5, 2022 0 By Majalahbet

Loading

Gunung Semeru Meletus, Jepang Waspada Tsunami Dapat Terjadi

Badan Meteorologi Jepang terus memantau ancaman tsunami yang meningkat di daerah pesisir negaranya imbas Gunung Semeru di Jawa Timur yang kembali meletus pada Minggu (4/12) pagi, Mengutip laporan badan tersebut, lembaga penyiaran Jepang NHK melaporkan gelombang tsunami bisa mencapai pesisir Prefektur Okinawa secepat-cepatnya sekitar pukul 05.30 GMT atau sekitar 12.30 WIB hari ini.

Okinawa merupakan prefektur di bagian paling selatan Jepang. Prefektur Okinawa terdiri dari ratusan pulau yang disebut Kepulauan Ryukyu dan membentuk rantaian kepulauan yang panjangnya melebihi 1.000 km.

 

Prefektur Okinawa juga menjadi rumah dari pangkalan militer Amerika Serikat di Pasifik.

Meski begitu, belum ada perkembangan lagi dari badan tersebut soal sebesar apa risiko tsunami dapat terjadi.
Belum ada pula peringatan dini bagi warga di pesisir terkait peningkatan ancaman tsunami ini.

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali memuntahkan Awan Panas Guguran (APG) sekitar Minggu pagi hingga memaksa warga sekitar gunung mengungsi.

 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, sumber awan panas guguran itu berasal dari tumpukan di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak atau Kawah Jonggring Seloko.

Berdasarkan pantauan CCTV Semeru, fenomena APG terus berlangsung hingga pagi ini pukul 07.42 WIB dengan jarak luncur bervariasi antara 5 sampai 7 km.

 

Gunung Semeru 22 Kali Meletus Masuk ke Lv.4 AWAS!!!

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, mengalami 22 kali letusan usai statusnya naik menjadi Awas sejak hari ini,  pada Minggu (4/12), pukul 12.00 WIB, Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur, Mukdas Sofian, menyatakan bahwa 22 letusan atau erupsi itu beramplitudo 10-35 mm dengan lama gempa 60-140 detik.

Gunung Semeru juga mengalami satu kali gempa guguran dengan amplitudo 17 mm dan lama gempa 210 detik, serta dua kali gempa harmonik dengan amplitudo 3-12 mm dan lama gempa 26-105 detik,”ujar Mukdas, seperti dikutip Antara.

 

Berdasarkan pengamatan visual, Gunung Semeru tertutup Kabut 0-II hingga Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati, sementara cuaca berawan hingga hujan. Angin lemah juga berembus ke arah timur laut.

 

Selama status Awas di Gunung Semeru ini, Mukdas mengimbau agar warga tak melakukan aktivitas di sektor tenggara, di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak gunung.

Di luar jarak itu, masyarakat juga diimbau agar tak melalukan aktivitas di jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar.

Lebih jauh, masyarakat juga diimbau tak beraktivitas di radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan bahaya lontaran batu pijar.

 

Mukdas juga meminta warga mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, Sebelum status naik jadi Awas, Gunung Semeru juga mengalami sejumlah erupsi pada Minggu sejak pukul 00.00-12.00 waktu setempat.

Menurut keterangan PPGA, erupsi itu didominasi gempa awan panas dan 13 kali gempa letusan. Amplitudo awan panas saat itu terekam 44 mm.

 

Saat itu, sebaran material erupsi berupa lontaran batuan pijar diperkirakan dapat mencapai radius 8 kilometer dari puncak.

 

Sementara itu, material lontaran berukuran abu saat ini mencapai 12 km ke arah tenggara, Arah dan jarak sebaran material abu ini dapat berubah, tergantung arah dan kecepatan angin, Arah luncuran awan panas guguran dan guguran bergerak ke sektor tenggara dan selatan dari puncak. Jangkauan awan panas guguran sudah mencapai lebih dari 13 km.

Lahar dingin maupun lahar panas dapat terjadi di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak, khususnya sepanjang aliran sungai, Hasil analisis pemantau secara visual dan kegempaan menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas sehingga tingkat aktivitas Gunung Semeru dinaikkan menjadi level IV atau Awas!!!

 

1.979 Penduduk di Sekitar Gunung Semeru Telah di Evakuasi

Sebanyak 1.979 warga di sekitar Gunung Semeru telah mengungsi ke 11 titik akibat erupsi atau Awan Panas Guguran (APG) sejak Minggu (4/12) pagi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga telah menaikkan status Gunung Semeru dari level III (siaga) menjadi level IV (awas).

Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merinci 11 titik pengungsian itu meliputi 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip.

 

Kemudian 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip, 131 jiwa di Balai Desa Penanggal, 52 jiwa di Pos Gunung Sawur, 216 jiwa di Balai Desa Pasirian, 150 jiwa di Lapangan Candipuro, 600 jiwa di Kantor Kecamatan Candipuro dan sisanya di SMP N 2 Pronojiwo,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, pada Minggu.

Sementara itu, wilayah yang terdampak APG Semeru meliputi Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro dan Desa Pasirian di Desa Pasirian.

 

Hingga siaran pers ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa.

 

Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Lumajang, Basarnas, TNI, Polri, relawan dan lintas instansi terkait terus melakukan upaya penyelamatan, pencarian dan evakuasi,” ujarnya.

Sebanyak 10.000 lembar masker kain, 10.000 lembar masker medis dan 4.000 masker anak telah dibagikan untuk mengurangi dampak risiko kesehatan pernafasan akibat abu vulkanik, Sementara itu pendirian dapur umum sedang dalam proses oleh PMI dan Dinas Sosial.

Baca Juga : Xi Jinping di Kabarkan Ke Arab, AS Ribut Gara-Gara Minyak Saudi

Simak Juga : Situs Daftar Slot Anti Rungkat Mudah Menang Terpercaya 2023

 

Situs slot online dengan random 100 akun VIP Tiap harinya, Depo pertama di jamin langsung maxwin. Depo dana dan pulsa tanpa potongan. Rekomendasi banget dengan persentase menang tinggi.

klik di sini

daftar sini

zvr
Bagaimana Reaksimu ?