Gugur Saat Misi di Papua, Empat TNI di Beri Pangkat Luar Biasa

Gugur Saat Misi di Papua, Empat TNI di Beri Pangkat Luar Biasa

April 22, 2023 0 By Majalahbet

Loading

Gugur Saat Misi di Papua, Empat TNI di Beri Pangkat Luar Biasa

Empat Prajurit TNI yang tergabung dengan Operasi Pembebasan Sandera di Papua yang telah tewas di tembak oleh kelompok kriminal bersenjata-KKB, saat menjalankan misi pencarian pilot pesawat Susi Air Philip Mark Mehrtens yang di sandera.

Ke empat Prajurit tersebut ialah Pratu Miftahul Arifin, Pratu I, Pratu K dan Prada S, Mendapat kenaikan pangkat luar biasa karena dengan gagah berani sudah menjalan kan misi dengan sepenuh jiwa dan raganya.

Mereka adalah Prajurit yang telah menjalankan tugas dengan berani, kenaikan pangkat luar biasa, sangat pantas mereka dapatkan” ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono di Mabes TNI, Jakarta, pada Jumat (21/4).

 

Julius kemudian menambahkan jasad  ke empat prajurit saat ini sudah dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing setelah sebelumnya terlebih dahulu dievakuasi di RSUD Timika, Kabupaten Mimika.

Sudah [dipulangkan] kemarin, sudah disambut Panglima TNI [Laksamana Yudo Margono], dalam wawancaranya di Halim,” terang Julius.

Mereka dari Timika, Halim, satu transit di Solo, ke Pacitan Miftahul Arifin, Kemudian yang tiga ke Halim, satu jalan darat menggunakan ambulans ke Karawang, dua naik 295 ke Palembang dan Padang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Julius menyatakan pihaknya hingga kini masih mencari satu prajurit lagi yang masih hilang.

 

Penyanderaan Kapten Philip terjadi pada awal Februari lalu, saat pencarian, para prajurit TNI sudah berjuang yang berujung pada tewasnya mereka dan penetapan status siaga tempur di Papua.

Kapten Philip disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di Papua setelah pesawat yang dia terbangkan diserbu dan dibakar Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Bandara Paro, Nduga, Papua, pada 7 Februari 2023 lalu.

TNI sejak saat itu berupaya mencari dan membebaskan Kapten Philip, Permintaan KKB yang ingin Papua merdeka sebagai syarat pelepasan sandera ditolak keras oleh RI.

 

Kontak tembak antara KKB dengan prajurit TNI di wilayah Mugi-Mam, Nduga, pada Sabtu, 15 April 2023 pun terjadi dan menewaskan empat prajurit TNI, Proses evakuasi jasad prajurit sempat terkendala kondisi cuaca dan medan di lokasi.

Baru pada Rabu, 19 April 2023, TNI berhasil menemukan dan mengevakuasi empat prajurit tersebut ke RSUD Timika, Kabupaten Mimika.

Merespons kejadian tersebut, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono secara langsung mengumumkan status siaga tempur untuk daerah-daerah rawan di Papua, Hal itu disampaikan Yudo pada Selasa (18/4) dan langsung menuai kritik tajam dari organisasi masyarakat sipil khususnya yang fokus terhadap isu kemanusiaan atau HAM.

Baca Juga : Tertangkap Pesta Narkoba & Seks di Bali, 2 WN Rusia Dideportasi

Simak Juga : Situs Daftar Slot Anti Rungkat Mudah Menang Terpercaya 2023

 

Situs slot online dengan random 100 akun VIP Tiap harinya, Depo pertama di jamin langsung maxwin. Depo dana dan pulsa tanpa potongan. Rekomendasi banget dengan persentase menang tinggi.

klik di sini

daftar sini

zvr
Bagaimana Reaksimu ?