Balas Dukungan AS ke Ukraina, China Kirim Diplomat Ke Rusia

Balas Dukungan AS ke Ukraina, China Kirim Diplomat Ke Rusia

February 21, 2023 0 By Majalahbet

Loading

Balas Dukungan AS ke Ukraina, China Kirim Diplomat Ke Rusia

Wang Yi Penasihat Kebijakan Luar Negeri China yang baru terpilih, berangkat menuju ke Rusia dan akan tiba di Moskow, pada pekan ini sebagai bagian dari tur Eropanya selama delapan hari, Perjalanan Wang Yi ke Eropa hingga singgah ke Rusia disoroti sebagai upaya penyeimbang diplomatik China sejak Rusia menginvasi Ukraina pada setahun yang lalu.

Kemudian Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mendarat di Ukraina untuk bertemu dengan pemimpin negara tersebut, Volodymyr Zelensky pada Senin (20/2), diplomat tinggi China pun melakukan perjalanan ke arah yang berlawanan, yakni menuju ke Rusia.

Gambar dua perjalanan berbeda China dan AS ini terjadi hanya beberapa hari sebelum peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina, sekaligus menggarisbawahi perbedaan geopolitik antara China dan AS, yang dianggap sebagai dua negara adidaya dunia.

 

Sementara itu, diketahui juga hubungan antara Amerika Serikat dan China semakin memburuk, dengan ditembak jatuhnya ‘balon mata-mata’ China yang masuk ke wilayah udara Negeri Paman Sam tersebut, Tapi di sisi lain China dan Rusia semakin dekat sejak pemimpin mereka mendeklarasikan persahabatan pada setahun yang lalu, di mana sebagian diyakini didorong oleh permusuhan bersama mereka terhadap AS.

Dan ketika AS dan sekutunya menegaskan kembali dukungan mereka untuk Ukraina dan meningkatkan bantuan militer.

kemitraan Beijing pun menjadi semakin dekat dengan Moskow yang menimbulkan kekhawatiran pada pihak Eropa, Akan Tetapi China sampai saat ini masih menampilkan dirinya sebagai negosiator perdamaian.

 

Dilaporkan juga, pada Konferensi Keamanan Munich pada Sabtu (18/2), Wang Yi berbicara kepada para pejabat Eropa sebagai “teman baik” dan menggembar-gemborkan komitmen China untuk perdamaian.

Kami tidak menambahkan bahan bakar ke dalam api, dan kami menentang menuai keuntungan dari krisis ini,” tegas Wang Yi, usai ramai pemberitaan di China soal tudingan AS yang sengaja memperpanjang perang karena produsen senjatanya untung besar.

 

Beberapa kekuatan mungkin tidak ingin melihat pembicaraan damai terwujud, Mereka tidak peduli dengan hidup dan mati orang Ukraina, atau kerugian di Eropa, Mereka mungkin memiliki tujuan strategis yang lebih besar dari Ukraina sendiri, Seharusnya Peperangan ini tidak boleh dilanjutkan,” ucap Wang Yi setengah menyindir.

Dia juga mendesak para pejabat Eropa untuk memikirkan tentang kerangka kerja apa yang harus ada untuk membawa perdamaian abadi ke Eropa, peran apa yang harus dimainkan Eropa untuk mewujudkan otonomi strategisnya.

 

Wang juga mengumumkan rencana China untuk merilis proposisinya tentang “penyelesaian politik” dari krisis Ukraina setelah peringatan satu tahun invasi Rusia, Tetapi penyebutan proposal yang samar-samar itu menimbulkan kecurigaan dari beberapa pemimpin Barat kepada China dan sikap mereka terhadap tetangga utaranya alias Rusia, terutama bantuan di medan perang.

Kami membutuhkan lebih banyak bukti bahwa China tidak bekerja dengan Rusia, dan kami tidak melihatnya sekarang, Ucap Presiden Komisi Eropa Ursula Von der Leyen.

Simak Juga : Situs Daftar Slot Anti Rungkat Mudah Menang Terpercaya 2023

 

Situs slot online dengan random 100 akun VIP Tiap harinya, Depo pertama di jamin langsung maxwin. Depo dana dan pulsa tanpa potongan. Rekomendasi banget dengan persentase menang tinggi.

klik di sini

daftar sini

zvr
Bagaimana Reaksimu ?