Dituding CIA Evan Gershkovich Jurnalis AS Ditangkap Pihak Rusia

Dituding CIA Evan Gershkovich Jurnalis AS Ditangkap Pihak Rusia

June 14, 2024 0 By majalahbet

Majalahbet, Jakarta – Evan Gershkovich jurnalis asal AS (Amerika Serikat) ditangkap oleh otoritas Rusia terkait tuduhan spionase dan diduga merupakan agen CIA. Jurnalis AS  yang merupakan Reporter The Wall Street Journal tersebut. Dituduh mengumpulkan rahasia dari pabrik tank Rusia atas nama CIA.

Wall Street Journal, tempat Gershkovich bekerja mengecam adanya tuduhan tersebut.
Bahkan, otoritas pemerintahan AS telah membantah tuduhan tersebut. Dan Washington secara resmi menetapkan kasus ini sebagai ‘penahanan sepihak oleh Rusia’.

“Evan Gershkovich menghadapi tuduhan palsu dan tidak berdasar. Langkah terbaru Rusia menuju pengadilan palsu, meskipun sudah diperkirakan. Sungguh sangat mengecewakan dan tetap keterlaluan,” ungkap pemimpin redaksi Journal Emma Tucker dan para eksekutif dalam sebuah pernyataan.

 

Evan Gershkovich telah ditahan sejak penangkapannya pada Maret 2023 saat dalam perjalanan liputan ke kota Yekaterinburg di Ural. Pernyataan Journal mengatakan sejauh ini dia telah ditahan selama 441 hari, hanya karena melakukan pekerjaannya sebagai jurnalis.”

Pencabulan yang dilakukan rezim Rusia terhadap Evan adalah hal yang menjijikkan dan didasarkan pada kebohongan yang diperhitungkan dan transparan. Jurnalisme bukanlah kejahatan. Kasus Evan adalah serangan terhadap kebebasan pers,” ungkap pernyataan tersebut.

“Kami berharap untuk menghindari momen ini dan sekarang mengharapkan pemerintah AS untuk melipat gandakan upaya untuk membebaskan Evan.”

Baca Juga : Paman di Serang Pukuli Ponakan Hingga Tewas, Gegara Miras