Aksi Teror Bom Bunuh Diri Somalia, 37 Orang Dilaporkan Tewas

Aksi Teror Bom Bunuh Diri Somalia, 37 Orang Dilaporkan Tewas

August 4, 2024 0 By majalahbet

Majalahbet, Jakarta – Aksi teror bom bunuh diri Somalia, 37 orang dilaporakan tewas akibat ledakan di restoran terkenal di Mogadishu.
Menteri Kesehatan Somalia Ali Haji mengatakan pada Sabtu (04/08) korban tewas mencapai 37 orang. Selain itu dikatakan 212 orang lainnya mengalami luka-luka, termasuk 11 orang yang kondisinya saat ini tengah kritis.

Ledakan yang terjadi pada Jumat ini merupakan serangan paling mematikan di Somalia sejak dua bom mobil yang meledak di dekat persimpangan pasar ramai pada Oktober 2022. Teror ini tercatat merenggut sebanyak 100 nyawa orang dan melukai setidaknya 300 orang.

Dari pemberitaan Reuters yang berdasarkan keterangan pihak kepolisian, Abdifatah Aden, bahwa korban tewas di Mogadishu bukan cuma warga sipil. Seorang tentara juga dikatakan tewas dalam aksi teror itu. Aden juga mengungkap salah satu pelaku meledakan dirinya sendiri sementara tiga lainnya tewas oleh pasukan keamanan. Sedangkan satu orang penyerang ditangkap hidup-hidup.

 

Toko Game Online Terpecaya

 

Teror Bom Somalia Hingga saat ini belum ada klaim tanggung jawab dari al Shabaab yang terkait al Qaeda. Pihak ini sebelumnya mengklaim serangan Bom bunuh diri di masa lalu termasuk bom mobil pada Tahun 2022.

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud dan Perdana Menteri Hamza Abdi Barre bertemu badan keamanan negaranya, Setelah serangan itu dan menyusun rencana penguatan keamanan kota.

“Pemerintah bertekad melenyapkan teroris. Teroris ingin menakut-nakuti warga sipil. Biarkan warga sipil melaporkan teroris yang bersembunyi di antara mereka,” tulis unggahan kantor presiden Somalia di X.

Pemerintah Somalia secara umum merujuk ke al Shabaab bila menggunakan kata teroris.

Al Shabaab menguasai sebagian wilayah Somalia tetapi sudah dipukul mundur serangan balasan pemerintah sejak 2022. Walau begitu para militan tetap mampu meluncurkan serangan signifikan dengan target pemerintah, komersial dan juga militer.

Baca Juga : Sembunyikan Sabu Dikemaluan, IRT di Palu Diamankan Polisi

 

Tips Dan Trick Cara Cuan Dengan Cepat Dengan Menggunakan E-Wallet DANA